Reddress Girl

Reddress Girl

Tuesday 3 December 2013

Mahameru itinerary, tips, dan sssttt....

12 Nov- Mahameru? ribuan orang mungkin sudah kesana. Kamu belum? masih ragu mau kesana? mentang-mentang sudah banyak orang yg mencapai puncaknya lantas tidak sexy lagi bagi mu untuk bertualang di sana? haha.. se hebat apa dirimu itu sampai sampai tidak mau disamakan dengan orang lain.

prolog yang menyedihkan.

ya, terserah lah. tulisan ini diperuntukkan bagi mereka yang mau menurunkan sedikit ego mencoba sesuatu yang belum pernah dilakukan sama sekali. melakukan hal yang telah dilakukan oleh banyak orang bukan berarti kita adalah mainstream. begitupun sebaliknya, menghindari sesuatu yang telah banyak dicapai orang lain, tak serta merta menjadikan kita sebagai orang anti mainstream yang sukses. You wish baby!

Mahameru dari Bogor? ini detailnya,


dari stasiun bogor, minta tiket ke tanah abang. turun di sentiong. 1,5 jam kurang lebih perjalanan.
sentiong itu satu stasiun setelah senen,
kalau beruntung ada kereta dari manggarai ke bogor. naik itu, turun di senen. kalau kelamaan nunggu langsung naik P20 metromini.
dari senen naik matarmaja, meski di tiket di tulis arriving time 06;00 faktanya hampir selalu jam 8an baru nyampe stasiun malang.

dari stasiun malang ke pasar tumpang carter angkot 130.000, 3 jam (plus sarapan)
tumpang ke Ranu Pani 25.000-30.000 per orang. tergantung naik apa jeep/truk (4 jam)
kalau masih ada pelebaran jalan itu artinya anda akan di turunkan tengah jalan dan lanjut naik ojek. harga ojeknya 25.000 per orang.

daftar dan bayar biaya masuk. per tenda 20.000 untuk per orangnya gw lupa, sekitar 10ribuan kali ya,

Ranu Pani - Ranu Kumbolo kurang lebih 4 - 5 jam. jalur datar, agak menanjak sedikit

Ranu kumbolo - Kali Mati 4 - 5 jam. jalur menanjak ekstrim sebentar, lalu nyaris selalu datar dan mendekati kali mati agak menanjak sedikit
Kali Mati - Puncak 5- 6 jam nanjaak troooss

estimasi waktu untuk turun biasanya lebih cepat dari waktu naiknya.

tips:
Awas ranjau. Ranu Kumbolo tempat yang baik sekali untuk pup. tapi kalau tidak hati-hati anda akan membawa oleh-oleh di jejak sendal anda. dan jangan sekali-kali mencucinya langsung di danau atau teman-teman anda akan ikut teracuni bakteri e coli yang massive

Bawa sarung tangan beneran! jangan sarung tangan 10 ribuan, kecuali anda memang petualang super sejati.

Buff/slayer untuk menutupi muka juga sangat membantu. selain untuk mencegah masuknya pasir, buff ini berguna untuk melindungi muka dari angin beku, dan ingus yang merembet kemana-mana terutama saat muncak. selain itu, buff bisa mengkamuflase muka yang sangat kotor dan terbakar jadi keren kalau di foto.

jangan bawa wafer untuk ke puncak. wafer itu kering. kering itu banyak minum. air dari kalimati terbatas, dan menuju puncak tidak ada vegetasi tertutup. yah kecuali jika anda mau pipis di lereng semeru tempat semua orang lewat sih,

enaknya sih bawa walking stick. yang mau sok keren, sok jago, sok kuat dengan carier berat, hmmmm asal olahraganya cukup sih oke.

perbanyak coklat pasta. selain murah, simple, energi nya banyak, dan gak bikin cepat haus.

Ingat ya, jam 9 pagi udah harus turun dari puncak. kecuali naik Mahameru memang berniat untuk mengakhiri hidup,

positif thinking, smile, and be happy! jangan dengerin kata orang2 yang ga muncak. belum tentu mereka benar. percaya diri aja. dan jangan sampai kelaparan. sekali lapar, dingin dan ngantuk mudah sekali menyerang.

ready for your journey?

Oya, jangan lupa tulis nama gue di puncak nanti. domain nya juga kalo perlu. karena gw sendiri menyerah di satu jam sebelum puncak. But sure, I will be back soon! I won't give up

No comments:

Post a Comment

Dies Natalis PSB 2013