Reddress Girl

Reddress Girl

Tuesday 18 February 2014

Asean traveller challenge 11

perjalanan ini bikin lebih banyak merenung, terlebih hari ini. setelah apa yang menimpaku semalam, berputar selama 2 jam, bingung dan berkeringat hingga datanglah supir taxi vinasun yang dengan baiknya mau menunjukkan arah tanpa memaksa untuk naik ke taksinya dan kemudian di ujung perjalanan dari petunjuk dari sang supir taxi, ketika lagi-lagi hampir marah pada Tuhan karena ternyata masih sulit juga menemukan yang dimaksud, datanglah seorang ibu tua menunjuk-nunjuk tas saya sambil bergumam dengan bahasanya. yang tentu saja saya abaikan. sudah dua jam berjalan dan saya lelah untuk repot memikirkan apa yang dimaksud oleh si ibu tua. dan ketika dipersimpangan dan tidak tahu mau kemana, semua yang disitu hanyalah turis asing yang berbahagia, hanya satu tempat saya membisikkan hati, mengajak tentram dan meyakini dengan kuat bahwa Tuhan selalu mengabulkan doa hamba-Nya yang yakin bahwa doa itu akan dikabulkan. intinya, yakin ada jalan. kemudian datanglah ibu tua tadi, yang rupanya dia berbalik arah justru mendekatiku, menanyakan apakah saya sedang mencari tempat menginap, yang hanya saya jawab singkat 'tidak saya sudah punya' kemudian dia bertanya lagi apa nama penginapan itu kemudian saya sebut namanya. Hong Kong Kaiteki Hotel. dan dia langsung menunjuk arah lurus, mendorong saya pelan ke jalan dan dengan setengah berteriak mengucapkan 'be carefull"

ibu tua dan si bapak taxi itu sungguh keajaiban buat saya karena mereka datang hanya beberapa detik berselang setelah saya sempat protes kepada Tuhan. Ampun.

hari ini, tidak banyak yang saya lakukan. menjelajahi separuh hati saigon cukup menguak memori lama yang sebenarnya sudah coba di pendam habis-habisan. disini, 3 tahun yang lalu. tempat yang sama, hanya dengan lebih banyak bunga dan turis. masih pasar yang sama, pusat kota yang sama.

Tuhan punya cara tersendiri untuk mengingatkan saya agar beristirahat. setelah seharian menopang tubuh habis-habisan dengan kaki di Phnom Penh yang kemudian berlanjut di saigon malam hari, Tuhan tau jika saya memaksakan untuk ikut tour ke tempat yang saya inginkan, dampaknya akan buruk. apalagi besok, singapore akan jauh lebih unpredictable. 5 jam tanpa tujuan.

jadi, sejak malam hari selepas menulis blog, saya menyadari bahwa ada uang VND saya yang hilang. di cari di selipan manapun uang itu tidak kunjung ditemukan. uang hilang, hampir hilang harapan. kecewa, namun ada sedikit yang mengingatkan untuk tidak terlarut sedih. jadi saya putuskan. baik uang ini hilang. saya besok harus membayar hotel dan untuk itu tujuan utama ke saigon yaitu ikut tur ke cu chi batal.

maka dengan rela saya tidur, lelap dan sengaja bangun siang. menikmati sedikit waktu bersama wifi hotel yang aduhai, memanjakan tubuh setelah lama berlelah lelah. tahu apa hobi saya? wifi kencang, random youtube. mulai dari gosip kacangan infotainment lokal, sampai cerita para backpacker yang merekam perjalanannya semua saya habisi hari ini. jika bosan? cari OVJ atau stand up comedy. kemudian saya sadar, saat di bangkok ada satu orang yang kerjanya seharian hanya di depan laptop selama 2 hari saya disana. sedikit tertawa sendiri, sama sekali tidak melakukan apapun. dan yang saya pikirkan tentangnya adalah, kenapa bisa orang itu malah santai santai di sini. di negeri orang. and that was exactly what i am doing right now.

keluar hanya karena tuntutan perut. beli oleh oleh di benh tanh market di tempat yang fix price because im too lazy to bargain with the bawel seller.
sedikit berjalan ke reunification palace, patung Ho yang sangat sangat membuka kenangan tiga tahun lalu. dear Saigon, I will come back later with another memory to remember.

Goddamn. mash ada saja sekelompok orang entah korea entah jepang yang satu grup besar (seperti fenomena umum di angkor wat) dan seperti menjajah lokasi itu hanya milik mereka. I hate when i try to take a picture and there was a korean couple who wants to take my place so they can get a better view. and hell yeah that was my place when the photographer was trying to get me off i was like DAMN!

just took my laundry and because tomorrow will be 9 in the morning. I should sleep now. see ya.

No comments:

Post a Comment

Dies Natalis PSB 2013